iklan

20 Ide Bisnis Kesehatan yang Selalu Laris Pembeli

Penulis: Admin - Selasa, 7 Maret 2023 02:23 WIB |
Dilihat : 77
Kali
Array

Bisnis kesehatan adalah bisnis yang sangat penting untuk kehidupan manusia, karena berkaitan dengan nyawa. Apa anda sedang mencari ide bisnis kesehatan? Anda berkunjung ke artikel yang tepat. Karena di bawah ini ada 20 bisnis yang bisa anda pilih.

1.Konten Kesehatan

Menjadi seorang konten kreator merupakan trend yang banyak dilakukan orang belakangan ini. Apalagi dengan kemudahan sosial media yang bisa diakses kapanpun. Membuat konten yang menarik mengenai kesehatan bisa sangat bermanfaat dan menyajikan informasi yang berguna bagi masyarakat. 

2.Menjual Alat Kesehatan 

Alat kesehatan mulai banyak dicari sejak munculnya pandemi, mulai dari pengukur suhu, pengukur kadar oksigen, dan masih banyak lainnya. Membuka usaha penjualan alat kesehatan bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Anda juga bisa membukanya melalui online di E-commerce.

3.Jasa Konsultasi Kesehatan

Menyediakan jasa konsultasi kesehatan akan sangat bermanfaat, anda bisa memberikan pembinaan dan juga membentuk dukungan (support) kepada orang yang membutuhkan bantuan, misalnya saja mengalami depresi. Namun harus dilakukan oleh orang yang paham atau ahlinya. 

4.Katering Makanan Sehat 

Makanan sehat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda memulai usaha. Sediakan jasa katering makanan yang fokus untuk menjaga kesehatan. Biasanya katering makanan sehat memperhatikan jumlah kalori,protein,dan karbohidrat yang terkandung dari makanan tersebut. 

5. Klinik Praktik

Bagi anda yang memiliki izin praktik dokter, usaha ini adalah yang paling lazim dilakukan. Jika anda sudah bekerja di rumah sakit, anda tetap bisa membuka klinik, tentunya jam operasional disesuaikan dengan pekerjaan utama anda. Tenaga lain yang diperlukan ketika ingin memulai usaha ini adalah tenaga administrasi, apoteker dan perawat. 

6. Buka Apotek

Untuk anda yang berprofesi sebagai apoteker, bisa mencoba usaha ini. Anda bisa menyediakan beraneka macam obat mulai dari generik sampai obat-obat khusus yang memerlukan resep dokter. Selain obat, biasanya apotek juga menyediakan perlengkapan kesehatan seperti vitamin, masker, susu kesehatan, perlengkapan bayi dan lainnya.

7. Jasa Keperawatan

Nah selanjutnya untuk profesi perawat. Banyak orang yang memerlukan jasa perawat. Seperti misalnya diminta untuk merawat orang lanjut usia. Karena tidak sedikit keluarga yang sibuk di luar dan kesulitan untuk merawat orang lanjut usia. Tugas perawat di sini biasanya adalah memandikan, menyuapi sampai memberikan obat.

Sebenarnya jasa perawat tidak hanya diperlukan untuk merawat lansia tapi bisa juga untuk orang yang baru saja operasi bedah. Karena walaupun sudah stabil dan boleh pulang tapi luka pasien harus tetap dibersihkan secara rutin.

8. Penyedia Makanan Rumah Sakit

Untuk anda yang berlatar belakang pendidikan bidang kesehatan terutama Ilmu Gizi, bisa membuat bisnis penyedia makanan rumah sakit. Menu yang diberikan tidak boleh sembarangan karena ada penghitungan nutrisi dan cara pengolahan dilakukan dengan profesional. Anda bisa menyediakan makanan untuk pasien dan pegawai.

9. Konsultan Gizi

Jika waktu anda terbatas karena ada kesibukan atau pekerjaan lain, anda bisa menjadi konsultan gizi. Seorang konsultan gizi akan memberikan informasi terkait jenis makanan yang harus dihindari sampai menu makanan yang bisa dimasak sehari-hari. Bila anda berminat, sebenarnya anda bisa juga bisa bekerja sama dengan penyedia makanan sehat.

10. Penyedia Bahan Makanan Organik

Gaya hidup sehat tentu berkaitan dengan menjaga pola makan. Sekarang ini sudah banyak orang yang mengkonsumsi makanan organik sebagai upaya hidup lebih sehat. Produk yang bisa dijual cukup beraneka ragam, seperti sayuran organik, beras organik, buah organik, serta daging organik. Jika tanah yang dimiliki luas maka anda bisa menjadi penyedianya tapi jika tidak maka anda bisa menjadi reseller.

11. Penulis Kesehatan

Sebagai penulis tentu anda bisa mengerjakannya dimanapun dengan waktu yang lebih fleksibel. Tema yang dituliskan adalah topik seputar kesehatan yang sedang gencar diperbincangkan. Anda bisa menggunakan platform media untuk menerbitkan tulisan anda.

12. Penyedia Jasa Cek Kesehatan

Jasa ini sangat sering dicari orang-orang. Karena menerima cek kesehatan seperti gula darah, kolesterol, tekanan darah, asam urat dan lainnya. Ketika menjalankan bisnis ini, anda bisa menerapkan sistem jemput bola atau door to door menawarkan kepada masyarakat. Dengan begitu anda tidak perlu sewa tempat dan konsumen akan senang karena merasa terbantu.

13. Pembuat Alat Kesehatan

Bagi anda yang bermodal besar, bisa coba bisnis kesehatan satu ini. Membuat alat kesehatan harus memenuhi standar yang ditetapkan, jadi anda harus punya pengetahuan cukup tentang peralatan kesehatan yang boleh diperjual belikan ke masyarakat.

14. Penyedia Kacamata

Membangun optik juga bisa menjadi peluang usaha. Di tempat tersebut anda bisa menyediakan jasa cek kesehatan mata sekaligus penyedia kacamata. Jenis kacamatanya juga bisa disesuaikan seperti kacamata sehari-hari, kacamata baca ataupun kacamata gaya.

15. Penyedia Makanan Vegetarian

Saat ini makin banyak orang yang menjadi vegetarian. Tapi masih sedikit sekali restoran yang menyediakan makanan vegetarian dengan rasa yang enak. Jika anda berminat di bidang kuliner, anda bisa menjajal bisnis ini. Anda juga bisa menggaet ahli gizi untuk membuat menu-menu enak dan menggugah selera agar kandungan nutrisi di makanan tersebut tetap seimbang.

16. Pengolahan Limbah Medis

Pengolahan limbah medis memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu ada perlakuan khusus. Dan tidak sembarang orang yang bisa mengerjakannya. Perlu ada penerapan prosedur yang sesuai. Selain bisa mendatangkan keuntungan, bisnis ini juga akan berdampak positif bagi lingkungan.

17. Membuka Lab Medis

Bisnis ini cukup menjanjikan dan menguntungkan karena banyaknya permintaan. Di lab medis biasanya digunakan untuk cek darah, cek urin, cek kolesterol, rontgen sampai medical check up secara lengkap.

18.  Buka Klinik Dokter Hewan

Selain kesehatan manusia, kesehatan hewan juga termasuk dalam bisnis kesehatan. Jika anda memiliki izin praktik dokter hewan, membuka klinik hewan bisa menjadi salah satu alternatif bisnis selain praktek di rumah sakit hewan. Untuk jam operasionalnya juga bisa disesuaikan dengan waktu anda.

19. Buka Pet Shop

Memelihara hewan peliharaan menjadi hal yang lazim, tak terkecuali di perkotaan. Walaupun hewan yang dipelihara di kota biasanya kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster dan lainnya. Nah membuka pet shop bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menyediakan makanan, kandang, alat perawatan sampai jasa memandikan hewan. Agar makin ramai dan laris, anda juga bisa menggaet dokter hewan agar membuka praktik di pet shop anda.

20. Bisnis Terapi

Untuk anda yang memiliki sertifikat terapis bisa membuka bisnis terapi. Banyak orang terutama yang memiliki kelainan khusus memerlukan jasa ini tapi jumlah terapis yang tersedia tidak terlalu banyak. Hal itu membuat bisnis terapi bisa menjadi bisnis yang diperhitungkan.

 

sumber: https://www.lancar.id/blog/tips-bisnis/ide-bisnis-kesehatan-yang-meraup-keuntungan/

Berita Terkait

Rekomendasi