iklan

Waduh! Bisnis Apple Anjlok Gegara iPhone 14 Pro

Penulis: Admin - Selasa, 7 Maret 2023 04:43 WIB |
Dilihat : 138
Kali
Array

Apple melaporkan pendapatan periode Q1 Apple 2023. Selama kuartal liburan, perusahaan memperoleh pendapatan US$117,2 miliar (sekitar Rp1.749 triliun), turun 5 persen dari YoY (Year on Year), dan laba per saham US$1,88.

Dari segi penjualan iPhone, di awal November, Apple mengatakan waktu tunggu lebih lama untuk dua seri tertinggi iPhone 14 Pro dan Pro Max. Kedua ponsel itu sulit didapat selama puncak musim belanja liburan.

Masalah pasokan, dikombinasikan dengan konsumen yang sangat berhati-hati dalam berbelanja di tengah prospek ekonomi yang tidak pasti, menyebabkan penurunan pendapatan iPhone sebesar 8 persen.

“Saat kita semua terus menavigasi lingkungan yang menantang, kami bangga memiliki jajaran produk dan layanan terbaik kami, dan seperti biasa, kami tetap fokus pada jangka panjang dan memimpin dengan nilai-nilai kami dalam segala hal yang kami lakukan,” kata CEO Tim kata Cook dalam siaran pers pendapatan Apple, dikutip dari TheVerge, Jumat (3/2/2023).

Tersendatnya pasokan iPhone 14 Pro dan Pro Max terkait dengan pembatasan ketat yang mempengaruhi Foxconn, pabrik di China yang digunakan Apple untuk merakit iPhone. Pekerja bentrok dengan polisi selama protes di minggu-minggu berikutnya karyawan yang marah atas pembayaran yang tertunda dan kondisi kerja yang memburuk yang berasal dari langkah-langkah penahanan Covid-19.

Apple juga memperkirakan bahwa penjualan Mac akan turun dibandingkan dengan kuartal tahun lalu. Dan benar saja, Mac mengalami penurunan sebanyak 29 persen.

Dilaporkan Nikkei Asia, pendapatan Apple di China turun 7,3% menjadi US$23,9 miliar. Di Jepang, raksasa teknologi ini juga mengalami penurunan pendapatan 5% menjadi US$6,8 miliar.

Secara keseluruhan di Asia Pasifik, pendapatan Apple juga anjlok 2,8% menjadi US$ 9,5 miliar.

 

sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230203083200-37-410654/waduh-bisnis-apple-anjlok-gegara-iphone-14-pro

Berita Terkait

Rekomendasi