iklan

Ketua Komisi II DPRD Barut Ajak UMKM untuk Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi

Penulis: Admin - Selasa, 6 Agustus 2024 09:03 WIB |
Dilihat : 339
Kali
Array

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara, Karianto Saman meminta para pelaku UMKM di daerah setempat untuk dapat beradaptasi dengan perubahan perdagangan global yang saat ini sudah berada digenggaman kita.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Karianto Saman saat menghadiri penutupan Batara Expo tahun 2024 di eks Bandara Beringin Muara Teweh, Minggu (4/8/2024) malam.

“Saat ini perdagangan global sudah berada dalam genggaman kita bersama yaitu lewat gadget yang kita pakai sehari-hari,” kata politisi PDI Perjuangan Barito Utara Karianto Saman. 

Dikatakannya, barang apapun yang di butuhkan baik untuk kepentingan pribadi dan keluarga maupun untuk kita perdagangkan kembali sudah dengan mudah dapat melalui berbagai platform e-commerce yang tersedia melalui aplikasi yang ada di handpone. 

Menurut dia, suka tidak suka, siap tidak siap itulah dinamika perdagangan global saat ini yang menuntut kita selaku konsumen dan mungkin pula kita sebagai produsen harus adaftif terhadap perubahan yang terjadi.

“Untuk itu kembali saya mengajak mengajak para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara untuk dapat beradaptasi atas perubahan yang terjadi saat ini,” imbuhnya. 

Perubahan itu pula kata Karianto Saman, tentunya akan menimbulkan persaingan yang sangat ketat dan menuntut kepada kita untuk selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), etos kerja dan profesionalisme.

Selain itu jelasnya menuntut kita untuk melakukan inovasi-inovasi dalam strategi marketing produk yang dimiliki, supaya mampu dan dapat bersaing dengan produk ataupun barang dan jasa yang berasal dari berbagai daerah.

“Perubahan ini sedang, akan dan terus terjadi, hendaknya ini dijadikan pemicu dan semangat bagi masyarakat dan kalangan dunia usaha atau UMKM yang ada di daerah kita Barito Utara untuk segera berbenah dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” kata dia. 

Dirinya juga yakin dan optimis bahwa akan mampu bersaing dan jangan hanya menjadi sebagai penonton dan sekedar menjadi pangsa pasar bagi produk barang dan jasa dari negara lain.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi