iklan

Legislator Ini Minta Desa Rawan Karhutla Di Lengkapi Peralatan Damkar

Penulis: Admin - Jumat, 17 November 2023 05:25 WIB |
Dilihat : 290
Kali
Array

Muara Teweh- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Surianor mendorong pemerintah setempat agar melengkapi peralatan pemadam kebakaran (Damkar) di desa yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Saya mendorong pemerintah daerah harus menyediakan peralatan Damkar yang memadai bagi desa yang rawan Karhutla, ini penting untuk memaksimalkan upaya penanggulangan,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa desa bisa menjadi garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan Karhutla, tinggal hanya perhatian pemerintah yang harus ditingkatkan khususnya dalam hal memberikan sarana prasarana atau peralatan Damkar yang memadai tersebut.

“Kita juga mendukung upaya pemerintah setempat di mana sebagian desa di Barito Utara sudah terbentuk relawan atau kelompok masyarakat peduli api, namun disamping itu perlu juga diimbangi dengan kesiapan dari segi fasilitasnya,” tuturnya.

Di samping itu, selain mendorong pemerintah untuk memaksimalkan bantuan peralatan Damkar, ia juga mengharapkan pemerintah proaktif dalam memberikan pelatihan kepada relawan desa atau kelompok masyarakat peduli api (MPA), agar dalam penanganan Karhutla betul-betul maksimal dan sesuai prosedur.

“Jadi selain Peralatan yang memadai, para relawan juga harus dibekali dengan pengetahuan tentang cara menangani Karhutla dengan benar sesuai dengan SOP, ini penting demi menjamin keselamatan dari setiap relawan,” katanya.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi