iklan

Asal Mula Bedirinya Salut Iya Mulik Muara Teweh

Penulis: Admin - Minggu, 21 April 2024 07:14 WIB |
Dilihat : 335
Kali
Array

Muara Teweh – Ketua Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Iya Mulik Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara Hefmy Pelmyda mengatakan bahwa proses berdirinya Sentra Layanan Universitas Terbuka atau Salut Iya Mulik Muara Teweh ini, bermula ketika dirinya berkuliah sebagai mahasiswa Universitas Terbuka (UT) jurusan pendidikan guru PAUD pada tahun 2009.

“Dan pada akhir studi kami tahun 2014, saya mewakili teman-teman mengurus wisuda ke UT Palangka Raya, sehingga saya kenal dengan bagian administrasi UT Palangka Raya, sampai akhirnya pada tahun 2016 saya ditunjuk sebagai kordinator pokjar atau kelompok belajar Muara Teweh yang kami beri nama Pokjar Iya Mulik Muara Teweh, dengan sekretariat beralamat di Jalan Pramuka no.10 kompleks perumahan dinas kesehatan,” kata Hefmy. 

Dijelaskannya, sebagai pokjar dirinya bersama yang teman-teman lainnya mempromosikan UT ke sekolah-sekolah dan instansi, namun saat itu kita masih menumpang ujian di Kabupaten Murung Raya dan Buntok, dan baru pada tahun tahun 2018 mulai melaksanakan ujian di Muara Teweh dengan jumlah mahasiswa yang ikut ujian sebanyak 180 orang. 

Diungkapkannya setiap semesternya kami mendapat sekitar 80an mahasiswa baru. Dan pada tahun 2023 kemarin mengadakan kerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan untuk mahasiswa beasiswa sekitar 135 PGPAUD dan PGSD. Setiap semester untuk mahasiswa Muara Teweh kurang lebih 20 orang lebih yang sudah lulus mengikuti wisuda daerah di Palangka Raya. 

“Seiring dengan kebijakan Universitas Terbuka yang terus berupaya meningkatkan mutu layanan akademik kepada mahasiswa maka Pokjar di tranformasi menjadi Salut yang mana hasil dari transformasi ini diharapkan menuju pelayanan yang lebih berkualitas. Atas dasar itu pula maka pokjar Iya Mulik Muara Teweh kita tingkatkan statusnya menjadi Salut Iya Mulik Muara Teweh,” kata dia.

Adapun layanan Salut Iya Mulik Muara adalah layanan informasi ke UT an, layanan administrasi akademik, berupa registrasi, baik offline maupun online, cetak nilai mata kuliah dan fasilitasi penyelesaian masalah administrasi akademik.

Untuk layanan pendukung berupa pengambilan katalog UT, fasilitasi pemesanan dan pengambilan bahan ajar, fasilitasi interaksi antar mahasiswa atau mahasiswa dengan UT serta pelayanan akademik maupun non akademik lainnya. 

“Dan juga dapat kami sampaikan bahwa Salut Iya Mulik Muara Teweh sudah kita daftarkan dan sekarang sedang dalam proses untuk mendapatkan akta notaris,” pungkasnya.

Sementara Direktur Universitas Terbuka Palangka Raya Hariyadi mengatakan pada 4 September nanti UT berusia 40 tahun. UT waktu itu di dirikan oleh Presiden Soeharto, dimana di dirikannya UT ini sebagai Universitas Negeri yang ke 45 dan satu-satunya Universitas Negeri yang melaksanakan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

“Dan hingga saat ini masih diberikan surat untuk Universitas Terbuka Negeri untuk melayani masyarakat hingga kepelosok tanah air,” kata dia.

Kenapa UT ini didirikan, kata Hariyadi, karena pada saat itu pada saat itu ada 44 Universitas Negeri termasuk swasta, dan pada saat itu tahun 1984 lulusan SLTA dimana-mana membeludak sehingga pemerintah melalui Kementerian Pendidikan (saat itu Depertemen Pendidikan) melihat daya tampung universitas negeri dan swasta tidak mampu, sehingga harus dibentuk Universitas Terbuka.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi