iklan

KesbangPol Barito Utara Launching Desa Bersinar

Penulis: Admin - Rabu, 15 November 2023 07:24 WIB |
Dilihat : 293
Kali
Array

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) setempat melaunching Desa Bersinar (Bebas dari Narkoba), di gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu (15/11/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis, unsur FKPD, Plt Sekda, staf ahli bupati, kepala perangkat daerah, pelajar dan mahasiswa serta undangan lainnya.

“Saat ini penyalahgunaan narkoba telah merambah di seluruh pelosok desa dan kelurahan tidak hanya diperkotaan bahkan kecenderungannya sebagian besar penyalahgunaan narkoba justru terjadi di desa dan kelurahan baik masyarakat sendiri maupun pemerintah desa dan kelurahan juga tidak luput dari permasalahan narkoba, pekerja yang berada di desa dan kelurahan seperti nelayan, pekerja tambang, pekerja kelapa sawit, ibu rumah tangga, para pemuda, juga rentan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba ini,” kata Pj Bupati Muhlis. 

Dikatakannya, desa dan kelurahan yang berada diwilayah penyangga kota seperti di Kelurahan Jambu ini bisa menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba, selain itu adanya program pemerintah yang fokus pada kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan.

“Program Pemerintah ini fokus pada kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan sehingga berdampak pada perekonomian desa dan kelurahan yang kian meningkat, kini menjadikan desa dan kelurahan sebagai potensi bisnis baru bagi para bandar narkoba. Maka diperlukan ketahanan yang kuat dari desa untuk menanggulangi permasalahan narkoba,” tegas Pj Bupati. 

Lebih lanjut Muhlis, Pemkab Barito Utara melalui Badan Narkotika Kabupaten dan instansi lain termasuk kepolisian, berinisiatif menjadikan Kelurahan Jambu sebagai percontohan untuk mewujudkan Kabupaten Barito Utara yang bersih dari penyalahgunaan narkoba. 

Mengingat Kabupaten Barito Utara terdiri dari 93 desa dan 10 kelurahan yang terbagi dalam 9 (sembilan) kecamatan, dengan data tesebut apabila semua masyarakat dan pemerintah daerah/pemerintah desa/kelurahan ikut bergerak dan terlibat dalam melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika diyakini akan mampu menurunkan angka prevalensi dan mewujudkan Barito Utara yang bersih dari narkoba.

Pj Bupati Muhlis juga mengingatkan bahwa kegiatan ini juga sangat mendukung dari kegiatan sebelumnya yaitu Batara Bersinar yang dicanangkan pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2023 di Cafe Copy Itah.

“Untuk itu perlu sinergitas dan dukungan dari pemerintah daerah, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa serta kelurahan dan berbagai pihak yang perannya strategis dan sangat penting dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkotika di desa dan kelurahan,” imbuhnya.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi