iklan

Pj Bupati Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD tahun 2025

Penulis: Admin - Selasa, 19 Maret 2024 06:17 WIB |
Dilihat : 342
Kali
Array

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam rangka pembahasan Rencangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2025, di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Selasa (19/3/2024).

Kegiatan tersebut di buka oleh Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis dan dihadiri Pj Sekda Barito Utara, Drds Jufriansyah, mewakili unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Muhlis mengatakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025 merupakan agenda tahunan yang kita laksanakan sebagaimana amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Sehingga saya harapkan forum ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para perangkat daerah dan para pemangku kepentingan, untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025,” kata Pj Bupati Muhlis.

Dikatakannya, penyusunan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025, merupakan tahun pertama periode pelaksanaan RPD Kabupaten Barito Utara tahun 2024–2026, oleh karenanya dalam rangkaian tahapan penyusunan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025 ini harus lebih cermat serta mampu menjawab tantangan dan permasalahan yang semakin kompleks, secara cepat, tepat dan prosedural.

Dirinya juga mengatakan melalui forum konsultasi publik pada hari ini, diharapkan rancangan awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025 dapat ditelaah dan dipertajam bersama sehingga dapat terfokus pada tema atau agenda pembangunan Kabupaten Barito Utara untuk tahun 2025.

“Sasaran dan target pembangunan Kabupaten Barito Utara tahun 2025 sebagaimana tertuang dalam Perda Perubahan RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023, antara lain pertumbuhan ekonomi sebesar 5,49 persen, persentase penduduk miskin sebesar 5,35 persen, indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 72,71,” kata Muhlis. 

Dijelaskannya untuk mencapai target dari indikator-indikator tersebut diperlukan upaya dan kerja keras kita semua, dan tentu saja hal ini memerlukan dukungan dari semua pihak sehingga terjadi sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi dalam hal perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya.

Muhlis juga pada kesempatan itu meminta melalui forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025 ini, berharap seluruh aspirasi dapat ditampung sebagai bahan masukan penting usulan program dan kegiatan prioritas dan strategi pembangunan di Kabupaten Barito Utara yang dapat diintegrasikan untuk mencapai keterpaduan dan keserasian antar wilayah, antar sektor dan antar pelaku pembangunan.

“Kepada semua peserta forum konsultasi publik ini, saya sampaikan ucapan selamat berdiskusi untuk mendapatkan hasil yang optimal dan berdaya guna bagi kemajuan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang kita cintai. Saya berharap akan ada masukan dan saran positif serta konstruktif dari peserta forum,” pungkasnya.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi