iklan

Pj Bupati Buka Lomba Drum Corps North Barito Festival 2023

Penulis: Admin - Sabtu, 16 Desember 2023 07:06 WIB |
Dilihat : 282
Kali
Array

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis membuka secara resmi kegiatan lomba Drum Corps North Barito Festival 2023, di arena Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (16/12/2023). 

Dalam kegiatan pembukaan dihadiri Ketua dan anggota DPRD Barito Utara, Pj Sekda, unsur FKPD, staf ahli bupati dan asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua Koni Barito Utara;

Camat se Barito Utara, peserta drum Corps North Barito Festival dan undangan lainnya.

“Saya selaku Penjabat Bupati Barito Utara sangat mendukung kegiatan positif yang bermanfaat ini, salah satunya drum band dan marching band yang akan kita saksikan bersama-sama pada hari ini,” kata Pj Bupati Muhlis dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut.

Pj Bupati juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan perlombaan drum band dan marching band ini terakhir kali dilaksanakan di Kabupaten Barito Utara pada tahun 2016 silam.

Muhlis sangat menyambut dengan gembira dan memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PDBI Barito Utara, KONI Barito Utara dan semua pihak yang telah bersedia mengikuti dan memeriahkan kegiatan perlombaan Drumb Band North Barito Festival 2023 ini.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat terus berlanjut, khususnya membina unit drum band yang ada di Barito Utara. Harapan kita bersama nantinya Kabupaten Barito Utara memiliki anggota tim drumb band yang mampu tampil mewakili Barito Utara dalam event-event drum band di tingkat regional maupun nasional,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut juga Pj Bupati Muhlis meminta seluruh peserta dari masing-masing unit drum band maupun marching band dari TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan umum dapat memberikan penampilan terbaiknya serta terus asah kemampuan dan ambil pembelajaran yang positif, dari peserta yang lain sehingga mampu menambah wawasan keilmuan drumb band untuk masing-masing unit.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta lomba drum band ini, bagi siapa saja yang nantinya memperoleh juara agar tidak cepat berpuas diri, melainkan terus asah dan tingkatkan kemampuannya sehingga bisa menjadi wakil drum band Barito Utara yang mengikuti event perlombaan drumb band di tingkat nasional,” imbuhnya. 

Dan kata Muhlis bagi yang belum memperoleh juara agar jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan di lain waktu, maka segera lakukan latihan yang giat agar kemampuan meningkat serta mampu berinovasi sehingga pada event-event selanjutnya dapat memperoleh juara.

Sementara Ketua PDBI Pengkab Barito Utara, Roby Cahyadi mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh panitia Drum Corps North Barito Festival 2023 dengan stering Commite DCNB Berafiliasi dengan PDBI Barito Utara dan AMBC. 

“Dengan tujuan memasyarakatkan marching band atau drum band di Kabupaten Barito Utara, memberikan wadah pengembangan kreatifitas kepada pelajar, siswa dan mahasiswa guna penanggulangan kenakalan remaja, sekaligus menggairahkan kembali unit-unit drum band atau marching band di sekolah-sekolah di daerah ini,” kata Roby Cahyadi. 

Dikatakan Roby, waktu pelaksanaan selama dua hari yaitu tanggal 16 s/d 17 Desember 2023 di arena terbuka Tiara Batara dan jalan raya yaitu jalan Tumenggung Surapati Muara Teweh. Ada tiga mata lomba kejuaraan Dcnb Festival 2023 yaitu Concert Marching Arts atau Konser Show Band, Street Parade atau Kirab dan Drumline Battle atau Marching Music Battle. 

Adapun untuk peserta adalah semua unit drum band atau marching band dan drum corps dari TK, SD, MI, SMP, MTS, SMA dan SMK Barito Utara. 

“Sedangkan tiga juri kita datangkan dari Jawa Timur yang berlisensi Asian Marching Band Confederation yaitu Ario N Suria dari Malang, Juriansyah dari Gresik dan Afrizal dari Jember. Untuk tropy DCNB Festival 2023, juara 1 Concert Marching Arts mendapatkan piala Pj Bupati Barito Utara dan piala Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara,” kata Roby Cahyadi. 

Selain dari Pj Bupati dan Sekda Barito Utara, kegiatan ini mendapat dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Barito Utara, Ketua KONI Barito Utara, serta para sponsorship maupun pihak lain yang berkontribusi dalam kegiatan ini.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi