iklan

Asisten Sekda Buka TMMD Reguler ke 119 TA 2024 di Kelurahan Jingah

Penulis: Admin - Selasa, 20 Februari 2024 07:55 WIB |
Dilihat : 347
Kali
Array

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Evereadi Noor membuka secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 tahun 2024 di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Selasa (20/2/2024).

“Dengan semangat ”Darma Bhakti Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Saya berharap kegiatan TMMD ke 119 tahun 2024 menjadi salah satu faktor pendorong untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di daerah untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera,” kata Pj Bupati Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang bacakan Evereadi Noor, Selasa (20/2/2024).

Menurut dia TMMD merupakan cara yang tepat dan strategis dengan dihadapkan dengan kondisi pembangunan bangsa, baik dalam dimensi pembangunan maupun pemerataan, merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap komponen masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan TMMD dilaksanakan secara terpadu melalui proses perencanaan secara komprehensif dan integral dengan sistem “bottom up planning” yang ditindaklanjuti dengan sistem “top down”. 

“Melalui kerjasama dan koordinasi yang baik diharapkan mampu mendorong terselenggaranya TMMD yang berdaya guna dan berhasil guna. “TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dan Kementerian, Lembaga Pemerintahan non Kementerian (LPMK), pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya,” imbuhnya. 

Adapun prioritas dan program TMMD adalah daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau terluar. 

Dikatakannya, TMMD ini juga merupakan bentuk kepedulian TNI dalam percepatan pembangunan untuk memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar tercipta dan terbina kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan nasional. 

Hal ini jelas dia lagi ditujukan untuk mewujudkan ruang juang, kondisi juang, dan kemanunggalan TNI dan rakyat yang didasarkan pada nilai kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong. 

“TMMD bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menciptakan suasana kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang dilaksanakan melalui pembangunan sasaran fisik maupun non fisik,” katanya lagi. 

Dijelaskan juga dengan kegiatan TMMD diharapkan dapat mendorong laju tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera, dan mandiri. 

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dandim 1013 Mtw beserta jajarannya atas dimulainya pelaksanaan TMMD ke 119 TA 2024 ini dan kepada semua pihak yang turut membantu pelaksanaan TMMD ke 119 sehingga harapan kita bersama kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses tidak ada halangan di lapangan,” pungkasnya.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi