iklan

PMI Barito Utara Gelar Orientasi Kepalangmerahan Zona IV DAS Barito

Penulis: Admin - Sabtu, 6 Januari 2024 07:50 WIB |
Dilihat : 347
Kali
Array

Muara Teweh – Palang Merah Indonesia Kabupaten Barito Utara (PMI Barut) menggelar kegiatan orientasi Kepalangmerahan Zona IV Wilayah DAS BARITO, di aula Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (6/1/2024).

Kegiatan orientasi Kepalangmerahan tersebut dihadiri Ketua PMI Barito Utara Syahmiludin A Surapati, Sekretaris Umum PMI Provinsi Kalimantan Tengah DR Suprayitno bersama jajaran PMI Kalteng, PMI DAS Barito, Barito Timur, Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya.

Ketua PMI Barito Utara Syahmiludin A Surapati menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta orientasi kepalangmerahan Zona IV wilayah DAS Barito di Kabupaten Barito Utara dan PMI Provinsi Kalteng.

“Terima kasih kepada PMI Provinsi Kalteng yang sudah memberikan kepercayaan kepada PMI Barito Utara selaku penyelenggara kegiatan orientasi Kepalangmerahan Zona IV wilayah DAS Barito,” kat Syahmiludin A Surapati.

Syahmiludin juga pada kesempatan itu menyampaikan permohonan maaf atas keterbatasan fasilitas yang disediakan dalam pelaksanaan kegiatan orientasi ini. “Mungkin kegiatan ini belum maksimal seperti yang diharapkan oleh bapak dan ibu yang datang ditempat ini. Dimana PMI Barito Utara mempersiapkan kegiatan ini selama 5 hari,” kata dia.

Menurut Syahmiludin, kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk orientasi kepalangmerahan ini sangat penting khususnya untuk kami yang ada di DAS Barito ini. “Kami menganggap dengan adanya kegiatan orientasi ini bisa memberikan satu pemahaman bagi semua pengurus dan anggota PMI di DAS Barito tentang organisasi Kepalangmerahan yang ada,” kata Syahmiludin yang juga Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara ini.

Hal ini juga jelasnya, tidak terlepas dengan program kerja yang disusun oleh PMI Provinsi Kalteng dan sangat sejalan dengan apa yang kami harapkan, bahwa pembinaan yang ada hendaknya lebih dilaksanakan secara langsung dilapangan.

“Jadi, dalam forum silaturahmi ini bisa kita memanfaatkan dan bisa kita berdiskusi antara pengurus, pengelola markas, tentang hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian kita bersama,” kata Syahmiludin.

Syahmiludin juga mengatakan bahwa, orientasi Palang Merahan sangat penting dan wajib diikuti oleh seluruh anggota PMI, baik Pengurus, Staf maupun Relawan, yang tujuannya untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang organisasi Palang Merah.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk lebih mengerti tentang prinsip dasa gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan serta, kesemestaan.

“Melalui kegiatan orientasi ini, diharapkan akan menambah wawasan serta pengertian tentang Kepalang Merahan, semakin meningkat dan melalui ini PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan, harus mampu menyiapkan diri untuk memberikan informasi kekinian yang dapat mempermudah dan mempercepat layanan publik, baik informasi seputar bencana alam, penggalangan,“ kata Ketua PMI Barito Utara, Syamiludin A Surapati.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi