iklan

Dinas Pendidikan Barito Utara Gelar GSI Tingkat SMP tahun 2024

Penulis: Admin - Sabtu, 11 Mei 2024 01:37 WIB |
Dilihat : 332
Kali
Array

Muara Teweh – Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara menggelar kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) peserta didik tingkat Kecamatan Teweh Tengah tahun 2024, di Stadion Swakarya Muara Teweh, Sabtu (11/5/2024). 

Kegiatan GSI tingkat Kecamatan Teweh Tengah dibuka oleh Kadis Pendidikan Syahmiludin A Surapati melalui Kepala Seksi Kelembagaan dan Peningkatan Mutu Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Dasar, H Ikhsanul Agus Wahyudi dan dihadiri Ketua KONI Barito Utara Dedy Suryana, Kepala SMPN 1 Muara Teweh, Maslan, Kepala SMPN 2 Muara Teweh dan Kepala SMPN 4 Muara Teweh serta para peserta GSI. 

Kegiatan GSI tingkat Kecamatan Teweh Tengah diikuti 3 (tiga) club yaitu SMPN 1 Muara Teweh, SMPN 2 Muara Teweh dan SMPN 4 Muara Teweh.

“Setelah vakum selama tiga tahun karena masa pandemi Covid 19, kegiatan GSI kembali diselenggarakan secara luring dengan sistem kompetisi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional,” kata H Ikhsanul Agus Wahyudi saat membuka kegiatan, Sabtu petang.

Dikatakannya, GSI merupakan wadah bagi para peserta didik jenjang SMP dalam menumbuhkembangkan bakat dan minat dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah. 

Ia juga mengatakan dukungan dan fasilitasi dari para stakeholder mulai dari Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Barito Utara, Asosiasi PSSI Kabupaten, dan instansi terkait lainnya sangat menentukan keberhasilan kegiatan ini. 

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan data kepesertaan partisipasi GSI tingkat Kecamatan Teweh Tengah pada tahun 2024, melibatkan sebanyak 3 Sekolah, yaitu SMPN-1 Muara Teweh, SMPN-2 Muara Teweh dan SMPN-4 Muara Teweh. 

“Pada pelaksanaan GSI tahun 2024 ini, diharapkan dapat menjaring lebih banyak talenta pemain sepak bola dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sepak bola Indonesia, khususnya di Kabupaten Barito Utara yang kita cintai ini,” kata dia. 

Melalui tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sepakbola Menginspirasi” ajang ini menjadi strategi untuk menciptakan inovasi pengembangan calon talenta muda persepakbolaan dimasa mendatang dan wadah pembentukan karakter di bidang sepak bola. 

Dijelaskannya, kehebatan seorang pemain tidak hanya dapat diukur dari ketahanan fisik, melainkan juga kecerdasan intelektual dan emosional yang harus terus dibangun. Kemampuan beradaptasi dan kecepatan dalam mengambil keputusan menjadi salah satu tolok ukur kecerdasan seorang pemain bola yang harus diasah. Jika ada kesalahan, selesaikan masalah dengan kepala dingin. Tetap kompak, teguh mental, pantang menyerah, sportif, dan jujur. 

“Kami mengharapkan Gala Siswa Indonesia tahun 2024 ini mampu terus berkembang sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional sekaligus implementasi dari Manajemen Talenta Nasional (MTN) di bidang olahraga. Anak-anakku sekalian, kalian semua adalah penantang sejati, generasi emas kebanggaan orang tua dan sekolah kalian. Teruslah berjuang untuk menjadi jawara dan menjadi inspirasi bangsa,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia kegiatan GSI tahun 2024, Tommy Sugara menyampaikan tujuan kegiatan yaitu mengembangkan minat dan bakat peserta didik terhadap olahraga sepakbola, menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat, menghargai prestasi, dan tanggung jawab serta menjaring peserta untuk mewakili Kabupaten Barito Utara dalam kegiatan GSI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. 

“Untuk waktu pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu tanggal 11-12 Mei 2024 di Stadion Lapangan Sepak Bola Swakarya Muara Teweh. Sasaran kegiatan GSI adalah seluruh peserta didik Putra jenjang SMP yang terdaftar dalam Dapodik Sekolah sedangkan jumlah peserta yang sudah terdaftar adalah sebanyak 3 Tim Sekolah, yaitu SMPN-1 Muara Teweh, SMPN-2 Muara Teweh dan SMPN-4 Muara Teweh,” kata Tommy Sugara.

Dijelaskannya, dari hasil kegiatan GSI tahun 2024 ini diharapkan dapat menjaring lebih banyak talenta pemain sepak bola dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sepak bola Indonesia khususnya di Kabupaten Barito Utara. 

“Untuk Juara I tingkat Kecamatan Teweh Tengah ini secara otomatis akan mewakili ke tingkat Propinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 5-8 Agustus 2024 di Palangka Raya tanpa ada pertandingan selanjutnya di tingkat Kabupaten, karena hanya ada 1 Kecamatan yang aktif ikut berpartisipasi dalam Ajang Talenta GSI Tahun ini. 70 persen diambil pemain dari Juara I dan 30 persen diambil dari Sekolah Juara II dan III,” pungkasnya.(rd)

Berita Terkait

Rekomendasi